Upload Lagu ke YOUTUBE, SPOTIFY dsb di tahun 2020, SEBERAPA KERAS VOLUMEnya?

Dulu sempat terjadi loudness war atau perang keras-kerasan.karena kebanyakan manusia berpendapat kalau dia mendengar sesuatu lebih keras, maka dia anggap itu lebih bagus.

Itulah yang dimanfaat oleh beberapa mastering engineer dulu (sebelum 2018), agar lagu yang di mastering terdengar keras maka mereka melakukan extreme compressing atau limiting. Masalahnya ada yang dikorbankan yaitu dinamikanya.
Dinamika adalah emosi lagunya yaitu dari volume pelan, keras, sedang. Itu yang membuat musik terdengar dinamis.

Sejak tahun 2018 youtube dan digital streaming platform lain menerapkan loudness normalization, mereka melakukan ini bila ada lagu yang di upload dengan kekerasan tertentu dan bila kekerasannya melebihi yang mereka tentukan maka akan diturunkan. Supaya orang yang mendengarkan musik di youtube tidak terganggu ada yang keras ada yang pelan.

Youtube akan berusaha menurunkan volume videomu kalau kekerasan (di atas -14 LUFS). Sebaliknya, kalau volume videomu -14 LUFS atau di bawah -14 LUFS, maka Youtube tidak akan mengoreksi volume videomu. Tapi kalau di Spotify, Apple Music kalau kita kirim yang lebih pelan dari standard mereka, maka akan dikeraskan.

Cek saja setelah kamu upload, dengan cara klik kanan dan pilih pilihan seperti yang dijelaskan di video. Kalau angkanya 100%/100% berarti youtube tidak mengoreksi volume videomu. Tetapi kalau angkanya bukan itu, misalnya 100%/80% artinya youtube mengoreksi volume videomu yaitu menurunkan volume sebanyak 20% dari volume kamu upload.

LUFS=Loudness Unit to Full ScalePengukuran kekerasan lagu dengan menganalisa volume rata-rata sepanjang lagu
Ini sebenarnya gerakan yang dibuat oleh radio eropa.

Prinsipnya youtube untuk menentukan standard volume yang diterapkan pada saat ini. Namun setiap saat angka standardnya bisa berubah-ubah.
Apple Music (iTunes) sekarang -16 LUFS. Sebenarnya pelan, supaya lagu yang keras dan pelan bisa sama.

Dengan adanya loudness normalization, maka tidak terlalu efektif bikin keras lagu. Tapi kalau kita ikuti Youtube -14 LUFS maka kita merasa punch atau kerasnya kurang. Saya pribadi mengejar diatasnya sedikit, misal youtube -14 LUFS maka saya mengejar -12 sampai -10 supaya kita tetap dapat punch nya. Ketika kita pakai limiter atau maximizer, threshold waktu kita turunkan, atur attack dan release kita atur dimana musik kita masih ada tendangan dan dinamikanya masih ada.

Kalau untuk atur LUFS di musik bisa pasang di master out atau main out, stereo out.
Yang Free misalnya Youlean Loudness MeterDownload gratis di www.youlean.co/Youlean-Loudness-MeterUntuk mac dan windows
Kamu lihat berapa atau pakai plugin Ozone 9, kita bisa set jadi LUFS dan atur mau berapa.