Audio Mono dan Stereo merupakan 2 istilah yang sering kalian jumpai dalam dunia recording. Pada dasarnya mono atau stereo dibedakan dari jumlah saluran yang terdengar.

Audio Mono jika dibandingkan dengan Stereo terdengar lebih ketat, lebih terpusat, kurang lebar, dengan lebih sedikit rapat. Sementara Stereo jika menggunakan headphone/headset menciptakan “ilusi” suara yang lebih luas dan lebar tidak tertuju hanya dari satu sumber suara saja.

Saat melakukan recording Ada pendapat yang mengatakan bahwa “kalau kita me-mixing menggunakan track stereo dengan plugin stereo akan membuat komputer bekerja dua kali lebih berat daripada pakai track mono dengan plugin mono”

Kali ini Agus Hardiman mencoba untuk membuktikan pendapat yang beredar di kalangan praktisi audio tersebut, melalui pengujian dengan melakukan pendekatan empiris menggunakan alat bantu berupa DAW (Digital Audio Workstation) Studio One Pro Versi 5, Cubase Pro 11 & Pro Tools 2001.3.1. Sampel Pengujian menggunakan 20 File Track(masing-masing berjumlah 10) yang telah diarsis secara terpisah antara Mono dan Stereo.

Dalam 20 Track tersebut terdapat 7 Plugin (setiap Track, sehingga total 70 plugin masing-masing mono dan stereo) terpisah antara Mono dan Stereo (plugin berupa Compresor, EQ) untuk dilakukan uji analisis dengan mengamati parameter CPU Load performance, untuk mengetahui beban track dari mono dan stereo tersebut, Agus Hardiman menggunakan fitur Disable Track pada DAW. Perlu diingat bahwa disable track berbeda dengan fitur Mute.

Langkah pertama 10 File Track Stereo di lakukan disable track, setelah itu file Mono yang tidak di disable dapat di play untuk mengecek parameter CPU performance, parameter menunjukkan total beban keseluruhan track mono berjumlah 6%.

Langkah kedua 10 File Track Stereo diaktifkan dan yang mono di disable kan. Setelah itu file Stereo (Track) di play.
Kesimpulan yang didapatkan adalah pada DAW Studio One Pro 5, tidak ada kinerja meningkat pada performa komputer
Sama hal nya dengan penggunaan DAW Cubase Pro 11 & Pro Tools 2001.3.1, setelah dilakukan dengan cara serupa terhadap 60 Track (masing-masing 30 track untuk stereo dan mono). Persentase beban yang tertera pada CPU load Performance tidak mengalami perubahan signifikan yaitu, saat mono diaktifkan sebanyak 34% dan saat Stereo diaktifkan sebanyak 39%.