BAGUSAN MANA? Rekam Gitar Akustik via PICKUP atau TODONG MIC ?

Halo ArtSonica Friends,

Pada video ini saya akan membahas perbedaan antara hasil rekaman akustik gitar melalui DI (Direct Input) dan satu lagi dengan teknik miking saya akan memberi tips bagaimana cara menebalkan sound gitar akustik pada pembahasan kali ini

Saya menggunakan gitar akustik elektrik merk Yamaha, kemudian akan saya pasang Microphone Condensor Alctron untuk mengcapture bunyi Gitar. Lalu juga saya menggunakan kabel Jack sebagai penghubung arus suara dari di akustik gitar ini agar langsung masuk (input) ke soundcard. Jadi saya menggunakan 2 input, yang pertama adalah dengan Kabel menuju Soundcard, input yang kedua adalah menodongkan permainan Gitar di capture dengan Mic dan menuju Soundcard.

Merekam akustik gitar memang tidaklah mudah jadi dari hasil yang telah kita dengar, kalian sudah bisa memilih mana yang kalian pilih atau sukai untuk data mentah rekaman. Secara overall hasil dari teknik Miking itu biasanya lebih bagus namun bukan berarti hasil dari penggunaan teknik DI (Direct Input) itu juga tidak terpakai.

Kembali lagi bahwa seluruhnya tergantung dari kebutuhan lagu dan memang kesulitan pada saat merekam Gitar Akustik adalah Ideal nya contohnya yang paling utama adalah ruangan jika tidak ideal maka bunyi yang dihasilkan menjadi belum maksimal meski tetap bisa digunakan sebagai data mentah.

Selain ruangan ada hal lain yang tak kalah penting, yaitu kualitas bunyi dari gitar akustiknya kemudian Microphone apa yang tepat digunakan untuk kebutuhanlagu apakah Condensor ataupun Dynamic. Dan tentunya bagaimana player nya memiliki ke khasan pada jari-jarinya yang membuat bunyi gitar juga menjadi berbeda.

Saya memiliki tips melakukan Rekam Gitar akustik tanpa melakukan mixing :

1. Gabungkan bunyi track yang tercapture baik secara DI ataupun dengan microphone agar hasil menjadi lebih tebal saat di play
2. Pastikan kedua track baik DI ataupun Miking tersebut dalam kondisi “in phase” agar tingkat ketebal dari suara yang dihasilkan menjadi lebih dari sebelumnya (point 1)

Selamat mencoba!